It is nice to be.....


Sedikit yang bisa saya simpulkan dari beberapa mata kuliah yang saya ambil di semester I program studi ilmu penyuluhan pembangunan berkaitan dengan tugas dan fungsi saya sebagai penyuluh pertanian:
1. Landasan penyuluhan: memberikan pemahaman mengenai apa itu penyuluhan, pentingnya dan apa yang seharusnya penyuluh lakukan. seorang penyuluh harus memahami apa kerja penyuluh sebelum dia memutuskan menerjuni bidang ini. bagaimana dia dapat membuat orang mengerti akan keberadaannya bila dia sendiri tidak mengetahui makna keberadaannya bagi sasaran.
2. Psikologi belajar mengajar: penyuluhan bertujuan untuk merubah perilaku sasaran melalui proses belajar mengajar. penting bagi penyuluh harus mengetahui kondisi sasaran baik yang dapat memotivasi maupun menghambat mereka dalam proses belajar mengajar sehingga dapat diketahui teknik/metode dan media yang digunakan.
3. Komunikasi dalam penyuluhan: penyuluhan tidak terlepas dari kegiatan yang dikenal dengan komunikasi. komunikasi sendiri merupakan seni menyampaikan sesuatu... how to make another people understand what we think n want... komunikasi dalam penyuluhan bukan hanya terjadi pada diseminasi teknologi/inovasi saja tapi dalam membina dan memecahkan konflik yang terjadi. seorang penyuluh yang tidak mampu berkomunikasi dengan baik dapat mengakibatkan permasalahan baru bagi kehidupan sasarannya.
4. Pendidikan orang dewasa: penyuluhan merupakan pendidikan informal yang sasarannya adalah orang dewasa, orang dewasa memiliki keinginan belajar sesuai dengan yang mereka butuhkan. seorang penyuluh harus memahami apa yang sasaran butuhkan dan inginkan sebelum memulai suatu kegiatan.
5. Kelembagaan dan masyarakat pedesaan: penyuluhan selalu berinteraksi dengan sasaran sebagai suatu sistem sosial. dalam suatu sistem terdapat norma dan aturan yang mengatur kehidupan sasaran itulah kelembagaan dalam arti luas. penting bagi penyuluh mengetahui kondisi masyarakat sasaran, mengapa mereka bertindak, bagaimana mereka bertindak dan apa yang mengatur tindakan mereka sehingga penyuluh dapat mengetahui apa, bagaimana dan darimana mereka akan memulai perubahan.
To be continnued.....

Comments

Popular posts from this blog

SUKARELAWAN, KELOMPOK DAN ORGANISASI SUKARELA

Perbedaan tiga teori belajar (Discovery Learning, Cognitive Learning, dan Experiential Learning

PERBEDAAN METODE BELAJAR MENGAJAR ANTARA GURU DAN PENYULUH